Tag

, , , , , , , , , , , , , , ,

Obyek wisata Dieng – Dieng berasal dari bahasa sansekerta yaitu ‘Di’ dan ‘Hyang’. Di berarti tinggi dan hyang berarti khayangan, dapat diartikan bahwa “Dieng” merupakan dataran tinggi tempat bersemayamnya para dewa dewi.Obyek wisata di sekitar dieng sangat banyak, beberapa di antaranya adalah sbb :

Argo Wisata Tambi : Hamparan kebun teh nan hijau dengan luas lebih kurang 1000 ha dengan dilengkapi pondokan, kolam pancing, lapangan tennis dan taman bermain bisa anda jadikan tujuan wisata yang menarik bersama keluarga. Menikmati pemandangan perkebunan teh yang berada di sepanjang lereng gunung sindoro dengan suhu udara rata rata 15 – 24 derajat celcius ini benar benar membuat badan dan pikiran segar kembali.

Arung Jeram Sungai Serayu :Bagi anda yang hobby arung jeram, sungai serayu memiliki jeram yang menantang untuk di arungi, sungai sepanjang 12 Km ini membentang dari desa Tungguro sampai dengan desa Singomerto.

 

 

 

Kelompok Candi Arjuna :Kelompok candi Hindu ini terdiri dari candi Arjuna, candi Srikandi, candi Puntadewa, candi Semar dan candi Sembadra. Dahulu kala, kelompok candi ini digunakan sebagai tempat pemujaan dan persembahan kepada dewa dewa.

 

Kawah Si Kendang : Telaga ini di namakan telaga kendang di karenakan pada saat saat tertentu dapat mengeluarkan bunyi mirip “kendang”, nama alat musik dari daerah jawa tengah.

Kawah Sikidang : Lava pijar yang bergolak karena bertemu dengan air dan melompat lompat seperti kijang di yakini sebagai awal mula kawah ini di namakan kawah sikidang. Kijang dalam bahasa Jawa di sebut dengan kidang. Pengunjung dapat mendekat ke bibir kawah untuk melihat lava yang bercampur air dan berpindah pindah.

Ruwatan Rambut Gimbal : Ritual ini merupakan tradisi yang hidup di daerah sekitar kecamatan Kejajar, tepatnya 17 kilometer sebelah utara kota Wonosobo. Di sekitar daerah ini banyak anak kecil yang memiliki rambut gimbal. Menurut cerita turun temurun anak yang berambut gimbal merupakan titipan dari Kyai Kolodete. Untuk dapat memotong rambut gimbal tersebut harus dilakukan upacara ruwatan yg biasanya dilakukan apabila si anak berambut gimbal sudah mengajukan permintaan kepada orang tuanya.

Dieng Plateau Theatre : Dieng Plateau Theater terletak di lereng bukit Sikendil desa Dieng kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo. Merupakan Pusat interpretasi potensi alam dan budaya kawasan dataran tinggi Dieng yang diberi nama Dieng Plateau Theatre (DPT) dibangun atas prakarsa gubernur Jawa Tengah H. Mardiyanto. Diharapkan dengan dibangunnya DPT tersebut, objek wisata lembah Dieng bisa menjadi daerah tujuan wisata Jawa Tengah setelah Candi Borobudur.

 

About these ads