Tag

, , , , ,

Jalan jalan ke Taman Kyai Langgeng selain akan mendapat suasana taman yang sejuk dan asri juga akan menambah wawasan anda dikarenakan banyaknya koleksi flora dan faunanya. Taman seluas 28 Km ini terletak 20 km dari candi Borobudur atau 1 km dari pusat kota Magelang.

Obyek wisata Taman Kyai Langgeng diambil dari nama salah seorang pejuang dibawah pimpinan Pangeran Diponegoro (1825 – 1830) yang dimakamkan di tempat tersebut. Taman ini mengoleksi berbagai aneka flora dan fauna tropis yang langka. Ada cempaka ganda (Mycelia Campaca), dewa daru (Eugenia Sp), apel bludru (Diospiros rabbola), Nagasari (Mesua Ferrea), Matoa (Pometia Pinata ireigfost), ruser (Arthocarpus Sp), lobi-lobi (Flacouritia inermis Roxb), Keben (Baringtonia Asiatica) Kemiri (Aleurites Moluceana), Kenari (Canarium Commune) dan masih banyak lagi. Jalan jalan ke Taman Kyai Langgeng sungguh terasa nuansa alamnya.

Di dalam taman yang asri nan hijau ini terdapat satwa-satwa antara lain ular phyton, burung mambrukm elang (falconidae) bajing, monyet, rusa, ayam hutan dan beberapa satwa lain. Ada yang lebih unik dan aneh yakni dua ikan lele yang sudah cukup tua usianya. Ikan lele jantan berusia sekitar 24 tahun lebih dan lele betina berusia kira-kira 54 tahu. Di tempat wisata ini anda juga dapat menemukan koleksi patung dinosaurus, kolam pancing, taman lalu-lintas, aquarium, rumah kaca, arena untuk bermain go cart, sungai untuk main kano dan arung jeram, toko-toko cinderamata dan banyak lagi.