Tag

, , , , , , , , , , , ,

Tempat wisata – Sail Wakatobi-Belitung (SWB) 2011, adalah even internasional bahari terbesar yang akan di gelar pemerintah Indonesia pada tahun ini. Mengulang sukses tahun sebelumnya yaitu Sail Bunaken 2009 dan Sail Banda 2010 dapat dipastikan even ini akan kembali menggemparkan dunia internasional. Untuk tahun ini seluruh kegiatan bahari yang berskala internasional tersebut dapat dipastikan akan diikuti tak kurang dari 200 yatch dari seluruh penjuru dunia.Mulai tahun 2009, Kabupaten Wakatobi sudah tercatat di dunia sebagai destinasi Rally Yacht Internasional. Dengan demikian, Wakatobi pada tahun-tahun mendatang akan terus disinggahi kapal-kapal pesiar.

Obyek wisata wakatobi sudah dua kali menjamu paserta Rally Yacht Internasional yaitu saat Sail Bunaken 2009 dan saat Sail Banda 2010. Jumlah yacht yang singgah di Pelabuhan Wanci pada tahun 2009, 67 buah yacht dan pada tahun 2010, 47 buah yacht.Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad, penyelenggaraan kegiatan kebaharian nasional pada 2011 ini bertema `’Clean the Ocean for Future Live”. Ini untuk menyikapi terjadinya perubahan iklim karena meningkatnya suhu permukaan air laut akibat berbagai aktivitas pengelolaan kelautan yang tak memenuhi standar pengelolaan lingkungan.Rangkaian acara SWB 2011 adalah yacht rally, aksi sosial dalam Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya, seminar nasional dan internasional mengenai pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan. Juga lintas nusantara remaja bahari serta pameran produk kelautan dan perikanan. SWB 2011 dilaksanakan selama enam pekan yang dimulai pada pekan kedua Juli hingga pekan keempat Agustus.

Wakatobi layak mengklaim sebagai surga nyata bawah laut di jantung segitiga terumbu karang dunia yang meliputi enam negara, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Pulau Solomon, dan Timor Leste. Taman Nasional Wakatobi memiliki 750 jenis terumbu karang dari 850 jenis terumbu karang di dunia. Dari tiga pusat penyelaman kelas dunia, Wakatobi lebih unggul dan menakjubkan. Ini sudah diakui dunia. Karibia hanya punya 50 jenis terumbu karang, sedang Laut Merah (Mesir) punya 300 jenis terumbu karang.Veda Santiaji, Project Leader Joint Program The Nature Conservancy-WWF untuk Taman Nasional Wakatobi, mengatakan sumber daya alam di Wakatobi sangat memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai laboratorium alam yang luar biasa.

WWF mengidentifikasi delapan sumber daya alam yang penting di Taman Nasional Wakatobi. Yakni meliputi terumbu karang, mangrove, lamun atau padang rumput laut (sea grass), daerah pemijahan ikan, mamalia laut, burung-burung migrasi, peneluran penyu, dan ikan-ikan pesisir.