Tag

, , , , , , , , , , ,

Tempat wisata alam – Bagi anda pecinta aktivitas alam belum lengkap rasanya jika belum  berkunjung ke danau tiga warna, kelimutu. Danau kelimutu tepatnya berlokasi di desa Pemo, Kecamatan Moni, Kabupaten Ende, Flores nusa tenggara timur ( NTT ).

Obyek wisata tersebut dapat ditempuh kurang dari 3 Jam dari pusat kota kabupaten Ende, dan hanya berjarak kurang lebih 45 Menit saja dari kampung Moni. Keindahan pemandangan sepenjang jalan bisa sebagai obat yang mujarab atas penat yang hinggap saat melalui jalan yang menyempit, berkelok dan menanjak dan memberikan pengalaman yang luar biasa dan penuh tantangan.

Untuk sampai ke bibir danau, kita masih harus menapaki anak tangga dan jalan bebatuan kurang lebih 20 menit. Kicauan burung dan suara serangga hutan menemani tiap langkah menuju danau yang terletak 1.690 meter di atas permukaan laut itu hingga kita sampai di titik pandang.

Terhampar ciptaan Yang Maha Esa di depan mata, tiga danau berbentuk kawah yang terpisah di sisi kiri dan kanan. danau di sebelah kiri berwarna hitam kecoklatan atau dalam bahasa daerah disebut Tiwu Ata Mbupu yang menurut kepercayaan masyarakat lokal, danau tersebut adalah persinggahan arwah-arwah orang tua. Sedang yang di sebelah kanan, terdapat dua danau terpisah tebing tipis. Yang berwarna biru muda masyarakat lokal menyebutnya Tiwu Nuwa Muri Ko’o Fai atau danau persemayaman arwah muda-mudi, sedang yang paling kanan berwarna hijau tua bernama Tiwu Ata Polo, yang dipercaya sebagai persemayaman arwah orang-orang jahat.

Menurut sejarah Gunung Kelimutu pernah meletus pada tahun 1886 dan meninggalkan tiga kawah berbentuk danau yang warna airnya dapat berubah-ubah secara tak terduga, sesuai dengan kandungan mineral dan cuaca. Perubahan tak terduga warna air danau tersebut menjadikan misteri tersendiri yang belum mampu dipecahkan hingga sekarang.

Perlu diketahui bahwa dahulu danau ini pernah berwarna merah, putih dan biru. Bagai dua sisi mata uang yang tak mampu dipisahkan, perubahan alami berjalan harmonis dengan kepercayaan abadi masyarakat lokal membuat danau ajaib ini menjadi daya tarik sendiri bagi semua orang, terkhusus bagi anda penggiat alam bebas dan penggemar pemandangan alam.