Tag

, , , , , , , , , , , , , ,

Bandung atau yang banyak dikenal sebagai kota kembang adalah merupakan ibukota propinsi Jawa Barat. Selain terkenal memiliki keterikatan sejarah yang sangat erat dengan republik ini Bandung juga merupakan kota pariwisata. Banyak sekali destinasi wisata di sini, kota yang bersih dengan suhu udara yang sejuk serta pemandangan alam yang elok semakin menambah predikat sebagai kota tujuan wisata utama di Jawa Barat. Bandung juga dikenal sebagai surga belanja, tak heran apabila di musim liburan kota Bandung banyak di kunjungi wisatawan dari seluruh penjuru tanah air. Berikut adalah sebagian tempat wisata yang dapat anda kunjungi apabila berkunjung ke Bandung , sbb :

Museum Geologi : Museum ini didirikan pada tanggal 16 Mei 1928. Museum ini direnovasi dengan dana bantuan dari JICA (Japan International Cooperation Agency). Lokasi museum Geologi berada di Jalan Diponegoro, tidak jauh dari Gedung Sate. Dari sini dapat diperoleh berbagai informasi yang berhubungan dengan masalah kegeologian. Di antara benda-benda yang menjadi koleksinya adalah fosil tengkorak manusia pertama, fosil-fosil kerangka binatang pra-sejarah, dan juga sebuah batu bintang seberat 156 kg yang jatuh pada 30 Maret 1884 di Jatipelangon, Madiun. Sebagai sebuah monumen bersejarah, museum ini dianggap sebagai peninggalan nasional dan berada di bawah perlindungan pemerintah. Museum ini menyimpan dan mengelola materi geologi yang berlimpah, seperti fosil, batuan, mineral, yang dikumpulkan selama kerja lapangan di Indonesia sejak 1850. Museum ini buka setiap hari dari pukul 9.00 sampai Pukul 15.00 Kecuali Hari Jum’at Libur dan hari libur nasional.

Gedung Sate Bandung : Gedung Sate merupakan salah satu ciri khas kota Bandung yang terkenal. Kota Bandung memang banyak menyimpan bangunan tua bersejarah yang dibangun pada masa penjajahan kolonial Belanda. Pada awalnya gedung ini sedianya akan di pergunakan untuk kantor pemerintahan pusat, yang akhirnya tidak sampai dipergunakan sudah meletus perang dunia dan terjadi revolusi kemerdekaan Indonesia.Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat : Monumen ini dibangun sekitar tahun 1995 dimana lokasinya berhadapan dengan gedung sate. Disepanjang dinding monumen terdapat relief yang menggambarkan begitu heroiknya perjuangan rakyat Jawa Barat pada saat itu. Disana terdapat juga prasasti dalam bahasa Sunda yang menceritakan tentang Jawa Barat.

Kebun Binatang Bandung : Kebun Binatang Bandung berlokasi di jalan Tamansari, berdekatan dengan Kampus Institut Teknologi Bandung ( ITB ). Disana terdapat beranekaragam marga satwa yang seperti Badak Jawa, Badak Sumatra, Jerapah, Harimau, ular, Kijang, Beruang, Monyet, dan lain lain. Terdapat uga Mini Botanical Garden yang terhampar di lembah Sungai Cikapundung dengan panorama seperti taman dan lembah membuat pemandangan kebun binatang ini semakin digemari oleh orang tua yang ingin menikmati suasana Bandung maupun anak-anak yang ingin mengenal jenis-jenis binatang.

Taman Ganesha Bandung : Taman Ganesha merupakan salah satu Ruang terbuka Hijau ( RTH ) di Kota Bandung seluas + 9.607 m2 yang terletak di Kecamatan Coblong Kelurahan Lebak Siliwangi. Taman yang dibangun pada tahun 1919 ini dahulu dikenal dengan nama Ijzermanpark yaitu diambil dari nama pendirinya Dr. Ir. J. W Ijzerman. Fungsi Taman Ganesha saat ini adalah sebagai tempat berkumpulnya warga dan berkegiatan.

Taman Lansia Bandung :Taman Lansia adalah sebuah taman kota yang terletak di sebelah kanan Gedung Sate Bandung. Taman Lansia merupakan singkatan dari Taman Lanjut Usia, merupakan sarana refreshing dan istirahat bagi warga kota Bandung maupun warga luar Bandung yang sedang berkunjung ke Bandung. Meskipun namanya Taman Lansia, taman ini banyak dikunjungi oleh Penduduk Bandung yang bukan lanjut usia, termasuk anak muda Bandung. Mereka berkumpul atau refreshing di sini baik untuk acara keluarga, rekreasi makan bersama, maupun hanya sekedar menikmati lingkungan yang asri.

Pusat Sepatu dan Tas : Seperti namanya, di sepanjang Jalan Cibaduyut Bandung, kita bisa melihat toko-toko yang berjejer memajang dagangan yang didominasi oleh tas dan sepatu. Kalau kita masuk ke dalamnya, kita dapat menemukan lebih banyak lagi. Ada pakaian termasuk jaket kulit, tas kulit, tas gendong, dompet, ikat pinggang, boneka, sandal, dan lain-lain. Harganya pun bervariasi, mulai dari beberapa puluh ribu saja sampai dengan ratusan ribu rupiah.

Taman Lalu Lintas Bandung : Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution adalah tempat yang tepat bagi anak untuk belajar kelalulintasan. Di taman yang sejuk dan nyaman ini, anak-anak akan menikmati berkendara dengan sepeda atau kendaraan mini di jalur buatan yang dilengkapi dengan rambu-rambu lalu lintas. Dan langsung mempraktekkan pelajaran kelalulintasan dalam suasana permainan yang menyenangkan. Lingkungan taman yang luas, hijau dan dilengkapi dengan kursi-kursi taman sangat cocok sebagai pilihan rekreasi anda sekeluarga.

Museum Mandala Wangsit Siliwangi : Obyek wisata Museum Mandala Wangit Siliwangi menempati areal seluas 4.176 meter persegi dengan luas bangunannya sekitar 1.674 meter persegi. Bangunan museum yang bergaya arsitektur late romanticism ini bukanlah bangunan baru yang langsung difungsikan sebagai museum, melainkan bangunan tua yang dibangun pada tahun 1920-1915 sebagai tempat tinggal perwira Belanda. Jalan Lembong1 No. 38, Kota Bandung.

Museum KAA Bandung : Gedung yang merupakan saksi bisu penyelenggaraan KAA tersebut hingga kini masih berdiri kokoh di Jalan Asia-Afrika no. 65 Bandung. Mulai dibangun pada awal 1900an berdasarkan rancangan dua arsitek berkebangsaan Belanda yaitu Van Gaken Last dan C. P. Wolff Schoemaker dengan gaya arsitektur Art Deco. Awalnya gedung tersebut bernama Societeit Concordia. Dipergunakan sebagai tempat rekreasi oleh sekelompok masyarakat Belanda yang berdomisili di kota Bandung dan sekitarnya. Indonesia merupakan tuan rumah dan pemakarsa kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika pada 18-24 April 1955 di Gedung Merdeka Kota Bandung. Dalam pertemuan yang dihadiri 29 negara tersebut dicapai suatu kesepakatan yang dikenal dengan Dasa-Sila Bandung. KTT Asia-Afrika menunjukan Indonesia pernah memiliki pengaruh yang sangat kuat di mata negara-negara Asia dan Afrika.

Monumen Bandung Lautan Api : Monumen Bandung Lautan Api Bandung merupakan monumen tertinggi di Bandung. Monumen ini berada di kawasan Tegallega. Monumen ini tingginya 5,4 m. Gunanya untuk memperingati peristiwa pembumihangusan Bandung Selatan yang dipimpin oleh Muhammad Toha

Pusat Perbelanjaan Jeans : Berkunjung ke Bandung kurang lengkap rasanya jika anda belum ke jalan Cihampelas. Disana terdapat sentral produksi dan penjualan jeans. Di sepanjang jalan cihampelas berjejer puluhan toko sebagai ruang pamer penjualan berbagai produk pakaian, terutama celana yang berbahan jeans. Produk jeans yang ditawarkan di kawasan ini cukup beragam dan harganya pun terjangkau.Perkembangan kawasan Cihampelas sebagai sentra jeans tidak terlepas dari sejarah perjalanan Kota Bandung. Pada zaman kolonial Belanda, kawasan Cihampelas merupakan permukiman orang Eropa, di mana gedung-gedung bergaya eropa banyak berdiri di kawasan ini. Dengan berakhirnya masa penjajahan, rumah tinggal di kawasan ini satu per satu berpindah tangan baik secara sistem beli maupun sewa.