Tag

, , , , , , , , , , , , ,

Selain dikenal sebagai kota perdagangan, Kota Semarang juga memiliki banyak sekali obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi, baik wisata sejarah, wisata alam, wisata belanja maupun wisata religi.Berikut adalah beberapa obyek wisata yang dapat anda kunjungi jika anda berlibur ke kota Semarang.

Kompleks Tugu Muda.Sebuah tugu yang berbentuk lilin yang berdiri tegak di tengah persimpangan Jl. Sutomo, Jl. Pandanaran, Jl. Imam Bonjol dan Jl. Soegiyopranoto ini di bangun sebagai monumen untuk mengenang kepahlawanan para pejuang Semarang melawan penjajah Jepang pada pertempuran selama lima hari di kota Semarang dari tanggal 14-19 Oktober 1945. Peletakan batu pertama dilakukan Gubernur Jawa Tengah Budiyono dan diresmikan oleh Presiden RI pertama Soekarno pada tanggal 20 Mei 1953. Pada kaki monumen terdapat relief yang menggambarkan kesengsaraan rakyat Indonesia di masa jaman penjajahan Jepang, seperti relief Hongeroedem, relief pertempuran, relief penyerangan, relief korban dan relief kenangan.Pusat Belanja Simpang Lima dan Pusat Oleh – oleh Khas Semarang di Jalan Pandanaran.

Kawasan Simpang Lima merupakan pusat belanja modern dimana terdapat tiga mall besar dan pertokoan. Pada hari libur Lapangan Simpang Lima menjadi pusat jualan rakyat yang barangnya beraneka ragam dan murah. Salah satu yang khas di sanan adalah nasi ayam atau tahu gimbal. Pusat oleh oleh yang berada di Jalan Pandanaran juga banyak menyediakan oleh oleh khas kota Semarang seperti lumpia, wingko babat, bandeng presto dan lainnya.

Kawasan Kota Lama Semarang, di tempat ini anda seakan akan di bawa kembali ke zaman dulu, dengan banyaknya bangunan kuno dengan arsitektur barat menambah suasana “berbeda” jika berada di empat ini. Banyak pengunjung yang bersantai dengan bersepeda berkeliling di kawasan kota lama ini. Bangunan yang terkenal di kawasan ini adalah Gereja Blenduk, Gedung Marabunta, Stasiun Tawang, dll.

Pantai Marina dan Pantai Maron, Semarang juga memiliki pantai yang Indah, cuma sayangnya banyak pengunjung yang membuang sampah sembarangan membuat kesan pantai ini kurang terawat. Padahal pemandangan di sini lumayan indah.

Pagoda dan Vihara Watu Gong, adalah pagoda satu – satunya di Indonesia yang dibangun oleh tenaga ahli dari luar negeri. Pagoda tersebut berada di dalam komplek peribadatan umat Budha di Vihara Watu Gong dan terbuka untuk umum.

Klenteng Sampoo Kong, Bangunan yang megah yang dipenuhi ornamen – ornamen ini merupakan sebuah petilasan, yaitu bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama islam yang bernama Cheng Ho. Terletak di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang. Tanda yang menunjukan sebagai bekas petilasan yang berciri keislamanan dengan ditemukannya tulisan berbunyi “marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al Qur’an”.

Kebun Binatang Mangkang Semarang.Kebun binatang ini terletak di perbatasan Semarang – Kendal. Tempat yang dibuka pada Februari 2007 ini dibangun untuk menggantikan kebun binatang Tinjomoyo Semarang yang dianggap sudah tak representative lagi. Dengan lokasi baru ini diharapkan jumlah pengunjung dapat semakin bertambah karena aksesnya lebih mudah dicapai dengan kendaraan umum. Kebun Binatang ini, sekarang sudah memiliki sekitar 150 ekor hewan yang terdiri dari 40 jenis spesies. Ada Ular, Rusa, Gajah, Orangutan, Harimau.