Tag

, , , , , , ,

Sail Morotai 2012Tahun ini Republik Indonesia tercinta kembali mengadakan even bahari internasional yaitu “Sail Morotai 2012” yang akan berlangsung pada tanggal 15 September 2012 di Morotai, Maluku utara. Pulau Morotai selain memiliki keindahan alam yang sangat eksotis  juga memiliki potensi ekonomi yang tinggi. Diharapkan acara Sail Morotai mampu mengangkat pesona pariwisata Morotai untuk bersaing dengan keindahan alam negara lain.Dengan promosi yang gencar diharapkan mengundang investor untuk menanamkan modal nya sehingga mampu meningkatkan percepatan pembangunan pulau kecil nan Indah tersebut.

Pulau Morotai juga memiliki kawasan lautan dan pulau-pulau kecil yang sumber daya ikan yang beragam, terdapat kurang lebih 160 jenis ikan yang bernilai ekonomis dan 31 jenis ikan komersial dengan jumlah potensi perikanan diperkirakan mencapai 148.473,8 ton pertahun dengan jumlah potensi lestari yang dapat dimanfaatkan sebesar 81.606,6 ton per tahun.Dengan laut yang luas dan potensi sumber daya alam yang luar biasa tersebut pemerintah di harapkan serius dalam mengelola dan mengoptimalkan seluruh potensi yang ada terutama untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sail Morotai 2012 di ikuti oleh  74 kapal layar  dari 16 negara yang dilepas pada 28 Juli 2012 di selat Darwin Australia dan rencananya akan melewati rute di 11 titik labuh kabupaten / kota di Nusa Tenggara Timur dengan dengan titik labuh akhir di Dermaga Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat pada tanggal 3-15 September 2012.

Setelah itu  mereka akan melanjutkan pelayaran menuju Morotai sebagai tuan rumah penyelenggara Sail 2012. “Peserta Sail yang juga sering disebut dengan Sail Indonesia 2012 atau dalam konteks daerah NTT disebut dengan Sail Flobamomra itu. Dijadwalkan seluruh sailor akan berkumpul di Pulau Morotai paling lambat pada acara puncak Sail Morotai tanggal 15 September 2012.