Tag

, , , ,

Gelombang bono

Surfer tengah menikmati tingginya gelombang bono

Tempat surfing terbaik >> Gelombang bono adalah fenomena alam berupa gelombang besar yang mencapai ketinggian tujuh meter di sungai Kampar Kecamatan Teluk Meranti. Gelombang yang sangat tinggi untuk ukuran gelombang sungai ini hanya ada dua di dunia, yaitu di Indonesia dan Brasil. Saat ini gelombang bono sudah mulai di kenal oleh penggila olah raga surfing di seluruh penjuru dunia.

Beberapa kali pemda pelalawan juga sudah mengundang investor asing guna mengembangkan obyek wisata ini. Sebelum Pemda pelalawan dan Prop Riau melakukan promosi secara gencar, wisatawan dari luar negeri yang datang ke teluk meranti hanya belasan orang saja.Tercatat setelah tahun 2011 sampai sekarang sudah ribuan wisatawan asing yang penasaran dan mengunjungi teluk meranti untuk menyaksikan gelombang bono.

Gelombang sungai yang sangat dahsyat ini dihasilkan oleh adanya pertemuan air laut dan sungai. Di manca Negara gelombang bono lebih di kenal dengan nama seven ghost atau tujuh hantu. Terdapat tujuh gelombang yang datang susul menyusul sebagai alasan pemberian nama tersebut. Dan uniknya gelombang bono hanya muncul setiap purnama saja.

Sebagai obyek wisata kelas dunia, tentunya masyarakat Kabupaten Pelalawan khususnya masyarakat Teluk Meranti harus mulai bersiap dengan kunjungan para turis yang datang untuk menikmati keindahan Bono. Keramahan penduduk lokal menjadi salah satu yang diingat para turis untuk mempromosikan Bono kepada temannya yang belum datang kesini.Saat ini sudah adanya komunitas surfer lokal di Teluk Meranti yang peralatanya di buat dengan kayu Pulai yang mudah didapat didaerah itu. , anda ingin mencobanya ?